Panduan Merawat Sabung Ayam dari Nol

Posted on

Panduan Merawat Sabung Ayam dari NolPanduan Merawat Sabung Ayam Dari Awal Hingga Siap Bertarung

Panduan Merawat Sabung Ayam bisa kalian lakukan dengan mudah. Dimana di dalam artikel ini kalian akan dapatkan informasi lengkap.

Sehabis kamu memperoleh bibit ayam petarung baru, buat melaksanakan perawatan bisa di jalani dengan gampang lewat umurnya. Dimana di dalam postingan ini kita hendak mangulas perawatan ayam dari bulan awal sampai ketiga, bulan ketiga sampai keenam, serta pula dari 7 kesepuluh.

Panduan Merawat Sabung Ayam Buat Usia 1 Sampai 90 Hari

Sehabis lebih kurang 21 hari induk ayam aduan yang mengerami telurnya hendak menetas setelah itu dikala itu anak ayam sudah merambah umur 1 hari.

Dikala umur itu hendaknya kanak- kanak ayam tersebut di kandang pada kotak bok yang rapat dengan dilengkapi pencahayaan lampu. Buat pakan bagikan konsentrat ataupun poor yang berdimensi kecil.

Berikutnya sehabis ayam telah mulai agak besar serta kotak bok tadi telah kecil. Anak ayam dapat dipindahkan ke kandang yang lebih luas serta senantiasa diberikan lampu supaya senantiasa hangat.

Pemberian pakan serta minum dicoba secara teratur serta sesekali bagikan obat- obatan buat menaikkan nutrisi serta vit buat anak ayam, setelah itu upayakan kandang tidak kotor.

Jalani perawatan dini tersebut secara optimal, sebab pada masa itu merupakan masa perkembangan dini anak ayam serta jangan hingga anak ayam terkena penyakit sebab dapat berakibat nanti kedepannya.

Perawatan Anak Ayam Aduan Buat Usia 91 Sampai 180 Hari

Buat ayam aduan muda yang berumur 3 bulan telah dapat diberikan pakan konsentrat dengan dimensi yang lebih besar serta pula telah dapat diberikan kombinasi pakan berbentuk dedak serta beras jagung.

Pada masa ini umumnya anak ayam hendak mulai bertarung satu sama lain buat memperebutkan kepemimpinan, paling utama buat pejantan. Hendaknya ayam yang telah mulai bertarung dipisahkan ke kandang sendiri ataupun kandang orang.

Ayam umur 3–6 bulan telah dapat sesekali diumbar keluar supaya lebih sehat serta otot- ototnya tidak kaku, perkenankan anak ayam mandi tanah( kipu) supaya perkembangan tulangnya dapat maksimal.

Dikala diumbar upayakan anak ayam jangan hingga tersendat dengan ayam berusia terlebih hingga diserbu ayam berusia, sebab perihal ini dapat berakibat kepada mental anak ayam.

Perawatan Anak Ayam Aduan Buat Usia 181 Sampai 600 Hari

Buat ayam aduan muda yang berumur 7 bulan ke atas pakan yang diberikan telah dapat ditukar dengan campuran jagung, beras merah serta gabah buat membentuk badan sempurna ayam aduan.

Pada sesi ini ialah sesi dimana pembuatan badan ayam aduan muda supaya mempunyai kekuatan, wujud tulang serta mutu yang bagus.

Masa ini merupakan masa dimana bulu- bulu jago ayam baru mulai timbul( nyulam) serta sangat dibutuhkan atensi spesial. Setelah itu jangan sesekali melaksanakan abar dikala ayam masih nyulam.

Kamu wajib mengingat jika program latihan yang kelewatan tidak bagus buat perkembangan ayam aduan, jadi kamu tidak boleh sangat memaksakan ayam aduan kamu buat berlatih. Pakai program latihan yang baik serta benar supaya bisa menciptakan ayam aduan juara kepunyaan kamu sendiri.

Perawatan

Serta apabila ayam kamu sudah siap bertarung, pastinya hendak membutuhkan perawatan lebih sehabis bertarung melawan ayam lain. Dimana berikut ini merupakan sebagian penangan buat menjaga ayam aduan sehabis bertarung.

Terdapat bermacam berbagai tipe ayam, mulai dari ayam yang dipelihara buat mengkonsumsi sampai ayam yang dirawat serta dipelihara buat diadu demi yang diketahui dengan istilah ayam aduan. Ayam aduan pasti dirawat serta dipelihara buat bisa menjadikan ayam tersebut menang dalam peraduan dengan ayam yang lain. Terdapat sebagian perihal yang butuh dicermati untuk para owner ayam adua supaya keadaan ayam senantiasa dalam kondisi yang sehat salah satunya terpaut perawatan yang diberikan pasca ayam di adu. Berikut ini sebagian metode menjaga ayam aduan pasca bertarung dengan ayam yang lain.

Cedera Luar

Sehabis ayam aduan diadu umumnya hendak hadapi cedera di bagian kepala, leher, sayap, serta kakinya. Luka itu wajib lekas diatasi supaya tidak terinfeksi kuman yang dapat memperburuk cedera tersebut. Buat penjaannya dapat diberikan obat semacam betadine/ tetayocin yang dapat kamu beli di apotik terdekat. Obat ini bermanfaat supaya cedera kilat kering serta tertutup biar proses pemulihannya kilat.

Cedera Dalam

Tidak hanya cedera luar, ayam yang sehabis diadu di arena sabung ayam nyatanya hendak hadapi cedera dalam pada bagian saluran respirasi. Bagikan obat antibiotik yang dapat meredahkan peradangan pada saluran respirasi ialah teramisin/ trimisin.

Regenerasi Stamina

Buat pemulihan energi pada ayam aduan dapat diberikan jamu spesial yang terbuat dari bahan bahan natural. Jamu buat memulihkan energi hendak sangat baik bila dibuat dari kencur beras, telur bebek, madu, serta gula aren.

Pisahkan Dengan Ayam Lain

Saat sebelum melaksanakan kegiatan pengobatan yang disebutkan diatas, metode menjaga ayam aduan pasca bertarung yang butuh dicermati dengan baik merupakan memisahkan terlebih dulu ayam pasca beradu dengan ayam yang lain saat sebelum keadaan cedera pulih serta nafsu makannya kembali. Perihal ini dibutuhkan buat menghindari peradangan ataupun amarah ayam yang masih belum normal sehingga merangsang pertarungan dengan ayam yang lain.

Sedikit Paksakan Ayam Agar Makan

Sehabis menempuh pertarungan dengan ayam yang lain dalam kegiatan aduan, hingga ayam aduan umumnya hendak hadapi keadaan kehabisan nafsu makan. Nafsu makan yang lenyap tersebut wajib lekas diatasi supaya keadaan ayam bisa lekas kembali semacam semula. Nafsu makan ayam bisa dipulangkan dengan metode membagikan susu cair ke dalam tembolok ayam lewat dorongan suntikan besar. Paksa ayam buat komsumsi susu cair tersebut serta hentikan kala nafsu makannya sudah kembali.