Cacingan Pada Ayam Bangkok

Posted on

Cacingan Pada Ayam BangkokCacingan Pada Ayam Bangkok

Cacingan Pada Ayam Bangkok merupakan salah satu penyakit yang pernah di temui di hampir semua binatang dan juga manusia, termasuk Ayam.

Dimana penyakit jenis ini merupakan penyakit yang sering di alami hampir semua mahluk hidup di daratan. Dimana tidak hanya manusia yang mengalami cacingan, hal  ini juga dapat terjadi pada sabung ayam jagoan  dari Bangkok.

Dan pada umumnya cacingan akan menjangkit ayam bangkok yang di sebabkan oleh parasit di dalam tubuh unggas tersebut. Tentu saja jenis unggas lain juga dapat terjangkit oleh cacingan. Contohnya seperti unggas  yang di manfaatkan daging dan telurnya.

Penyebab lain dari cacingan selain adanya parasit masih memiliki banyak faktor lain yang harus di perhatikan. Dimana penyakit ini akan menimbulkan kerugian tertentu baik ayam yang di timbulkan oleh penyakit cacingan ini.

Ada beberapa tanda dimana ayam bangkok mendapatkan penyakit cacingan ini. Pada umumnya untuk unggas yang terkena cacingan akan memiliki produktivitas yang menurun, di antara lain telur yang di hasilkan akan menurun kualitasnya, pertumbuhan anak unggas melambat.

Dan jika penyakit ini tidak segera di tanggulangi, maka dia dapat kehilangan nyawanya sebagai konsekuensi terburuk. Oleh karena itu  berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi faktor kenapa unggas mengalami cacingan.

Faktor Terjangkitnya Cacingan Pada Unggas Petarung

Kandang dari Ayam Bangkok Kurang Bersih

Salah satu faktor kenapa ayam bangkok mengalami cacingan yang pertama adalah kebersihan kandang dimana unggas tersebut tinggal atau tidur. Dimana kebersihan kandang yang kotor akan menyebabkan unggas memiliki penyakit cacingan ini.

Kandang kotor adalah kondisi yang menyebabkan bakteri dan juga kuman untuk penyakit tersebut. Hal ini termasuk virus dan bakteri lain yang tidak dapat di lihat dengan mata telanjang. Yang akan menyebabkan penyakit ini muncul pada unggas peliharaan sabung ayam.

Apabila unggas petarung anda terkena penyakit cacingan ini, maka telur cacing dapat terbuang bersama kotoran ayam. Akan tetapi jika kondisi kandang tidak di bersihkan secara teratur atau rutin, maka telur cacing yang ada di dalam tubuh unggas akan terinkubasi dan tumbuh di dalam tubuh ayam.

Setelah cacing menjadi, mereka akan bereproduksi dalam tubuh yang sehat. Jika di biarkan, penyakit ini akan berkembang biak hingga unggas mati lemas.

Pakan Ayam

Penyebab lain untuk ayam terkena cacingan adalah dari pakan yang di makan unggas . Penyebaran penyakit cacingan ini dapat terjadi di dalam pakan unggas dimana hal tersebut merupakan hal yang dapat terjadi dan menjadi rawan.

Oleh karena itu pastikan pakan ayam yang di beri kepada unggas merupakan pakan yang berkualitas dan bersih. Kenapa pakan merupakan salah satu faktor penyebabnya?

Karena pakan unggas terkadang ada yang tidak di olah atau di sterilkan terlebih dahulu. Contoh makanan ini seperti dedak dan juga jagung.

Walaupun pakan tersebut baik untuk unggas bangkok. Bila pakan ayam tidak di olah dengan baik, hal ini bisa menjadi sumber penyakit cacing yang dapat menjangkit unggas sehat.

Kecoa yang dimakan oleh Ayam

Faktor lain penyebab penyakit cacingan pada ayam adalah serangga. Dimana salah satu serangga yang sering di jumpai di daerah peternakan maupun rumah adalah kecoa.

Dimana unggas cenderung makan apa saja yang ada di tanah. Sehingga hal ini merupakan salah satu penyebab unggas terkena cacingan.

Pada umumnya, tubuh kecoak merupakan sarang dari penyakit – penyakit seperti cacing yang apabila di makakn oleh ayam Bangkok. Akan menjadi sumber penyakit cacing, hal ini dapat di hindari dengan memberikan tempat makan khusus menggunakan  pakan berkualitas di dalam kandang.

Bangkai Hewan yang dimakan oleh Ayam

Selain kecoak, hewan lain yang menyebabkan penyakit cacingan adalah bangkai dari berbagai hewan. Karena hewan yang telah menjadi bangkai merupakan sarang penyakit bagi mahluk hidup lainnya.

Dimana salah satunya adalah cacing yang termakan oleh ayam. Hal ini seperti yang di sebutkan sebelumnya, karena unggas akan memakan apa saja yang dia anggap sebagai makanan.

Oleh karena itu, pastikan selalu mengawasi lingkungan dimana ayam sering berada atau di dalam kandang. Sehingga jika ada bangkai hewan lain, ada baiknya bangkai tersebut di bakar habis agar bibit penyakit lain ikut musnah.

Gejala Ayam Terkena Penyakit Cacingan

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat terlihat pada ayam yang terjangkit penyakit cacingan.

Pertumbuhan Pada Anak Ayam Tidak Normal (Melambat)

Untuk anak ayam yang terjangkit oleh penyakit ini akan susah untuk tumbuh membesar. Walaupun hal ini dapat terjangkit pada anak ayam, akan tetapi yang dewasa juga dapat terkena penyakit cacingan ini.

Hal ini di karenakan oleh cacing yang menyantap gizi dan nutrisi di dalam makanan yang di lahap oleh Ayam bangkok.

Penurunan telur pada kualitas Ayam (Khusus Ayam Petelur)

Untuk yang terkena cacingan, telur yang di hasilkan oleh unggas petelur akan menurun kualitasnya. Dimana hal ini akan mempengaruhi ukurang telur yang kecil, cangkang menjadi tipis / tidak keras, dan warna dari telur ayam bangkok tidak seperti pada telur sehat pada umumnya.

Kematian Pada Ayam Yang Mengurus

Jika penyakit unggas ini di biarkan terus menerus, maka unggas akan menjadi kurus, dan mati lemas. karena semua kandungan baik dalam makanan yang di makan oleh unggas di serap oleh cacing di dalam tubuh Ayam Bangkok.

Baca juga : Panduan Merawat Sabung Ayam dari Nol