Ayam Petarung Terkenal Indonesia

Posted on

Ayam Petarung Lokal di IndonesiaAyam Petarung Lokal Terkenal Indonesia Yang di Segani di Arena Sabung Ayam

Ayam Petarung Lokal Terkenal Indonesia, merupakan ayam yang di pelihara dan di latih untuk bertarung dengan ayam lain di arena adu ayam.

Dimana kita akan merasa bangga jika ayam yang berasal asli dari daerah Indonesia dapat di segani oleh petarung lainnya dari luar negeri. Terutama untuk ayam petarung yang berasal dari negeri gajah putih.

Hal tersebut terjadi karena Ayam Bangkok dari Thailand merupakan ayam yang cukup di takuti karena kekuatannya. Dimana ayam Thailand memiliki kekuatan tinggi untuk mengalah ayam lain.

Dan untuk pecinta sabung ayam pasti tau akan market ayam petarung yang ada di kota Bangkok. Dimana memiliki koneksi dengan negara Philipina sebagai negara yang resmi, legal, dan terbuka untuk umur dalam menyelenggarakan pertarungan sabung ayam se-Asia.

Hal tersebut sudah lama berlaku. Dimana kegiatan yang berhubungan dengan sabung ayam bisa di bilang lazim untuk di lakukan oleh masyarakat lokal di Philipina.

Dimana tidak hanya orang lokal saja yang ingin mengikuti pertarungan sabung ayam. Banyak juga pendatang dari luar negeri yang ingin mengunjukan kebolehan ayam petarungnya di arena yang telah di sediakan.

Dan tidak heran juga untuk ayam yang berasal dari Indonesia untuk mengikuti pertarungan bergengsi. Pada pertandingan sabung ayam di negera tersebut.

Untuk pertandingan yang di gelar pada umumnya memilki beberapa peraturan. Dan contohnya seperti memperbolehkan ayam untuk memakai ayam sabung taji/ ayam sabung pisau.

Dan juga ada yang tidak di perbolehkan menggunakan alat tambahan pisau taji. Sehingga ayam harus bertarung menggunakan taji Alami yang dimikinya.

Dengan serunya pertandingan – pertandingan ayam yang memacu adrenalin. Tidak sedikit ayam petarung Indonesia yang mampu untuk memenangkan petarungan sengit yang sering terjadi.

Dimana ayam – ayam Indonesia tidak hanya sekali atau menang hanya karena beruntung. Dimana hal tersebut menjadi perbicaraan yang sering terlontar oleh para pecinta/penggemar sabung ayam di Bangkok maupun di Philipina.

Ayam Sabung dari Indonesia

Dan berikut ini adalah beberapa ayam petarung yang sering menjadi pembicaraan hangat di dalam arena sabung ayam yang berasal dari Indonesia.

Ayam Sabung Tolaki

Untuk kalian peminta sabung ayam yang berasal dari Pulau Sulawesi pasti tidak asing lagi dengan ayam Tolaki. Dimana anda dapat menemukan ayam jenis ini di Sulawesi Tenggara.

Dimana ayam ini merupakan ayam petarung yang di pelihara oleh Suku Konawe di daerah Konawe Sulteng. Walau di daerah Sulawesi tenggara ayam ini di ambil daging dan telur sebagai bahan makanan. Ayam juga sebagai persembahan di upacara ada yang di lakukan secara adat dan tradisi di sulawesi.

Jenis away tolaki memiliki ciri – ciri seperti berikut ini.

  • Ayam Tolaki memiliki tubuh yang relatif kecil.
  • Otot yang dimiliki ayam Tolaki cukup kuat dan merata di seluruh tubuhnya.
  • Bulu lebat yang menyebar secara rapat dan lebat pada bagian sayap ayam Tolaki.
  • Walau paruh yang di miliki ayam Tolaki memiliki panjang yang pendek, ayam ini memiliki paruh yang kuat dan juga tajam untuk menyerang.
  • Kuku ayam Tolaki di kenal dengan ketajamannya, terutama pada bagian Taji.

Ayam Banten

Ayam Ini merupakan ayam orisinil yang berasal dari Indonesia. Walau tidak memiliki jenis yang sama dengan ayam bangkok yang berasal dari negeri gajah putih (Bangkok, Thailand).

Ayam yang terkenal di masa Sultan Agen Tirtayasa ini, Memiliki keandalan yang di segani dari Bugis hingga daerah Malaka. Untuk ayam aduan jenis ini memiliki ciri – ciri yang dapat di baca sebagai berikut.

  • Ayam Banten memiliki kebenarian yang tidak mudah goyah dan akan selalu gentar melawan ayam musuh yang lebih besar tubuhnya.
  • Postur yang di miliki ayam Banten bisa di bilang cukup besar.
  • Memiliki otot yang kuat dan juga kokoh untuk menahan serangan ayam musuh baik itu patukan dan juga cakaran.
  • Ayam ini memiliki ukuran leher yang relatif panjang walau pada bagian ekor tidak seperti tersebut.
  • Untuk taktik yang sering di lakukan oleh ayam Banten akan memiliki keunggulan pada saat melakukan petarungan di udara.

Ayam Bali

Seperti pada nama yang melekat di ayam ini, ayam petarung ini berasal dari pulau Dewata Bali. Untuk ayam ini sering di gunakan sebagai ayam aduan karena beberapa hal.

Dimana ayam aduan ini memiliki postur badan yang relatif besar dan juga memiliki otot yang padat. Dimana ayam ini juga memiliki postur yang tegak untuk gaya berdirinya.

Ayam bali sering di gunakan untuk ayam petarung karena ayam ini memiliki serangan – serangan yang keras sehingga ayam musah akan cepat kalah karenanya. Untuk ciri – ciri fisik dari ayam bali dapat kalian perhatikan untuk untuk warna Bulu yang dimilikinya.

Dimana ayam Bali akan memiliki Bulu hitam di beberapa tempat khususnya pada bagian leher.

Ayam Ciparage

Ayam ini adalah ayam sabung terbaik yang berasal dari lokal Indonesia. Seperti namanya, ayam ini adalah variasi ayam petarung yang berasal dari Kampung Ciparage.

Dimana kampung tersebut terletak di daerah kabupaten Karawang Jabar (Jawa Barat). Ayam Ciparage konon katanya merupakan keturunan dari ayam yang di miliki oleh Adipati Singaperbangsa yang telah melegenda.

Ayam ini merupakan ayam yang gagah sosoknya. Dengan bulu yang mayoritas berwarna hitam pekat dan mengkilat. Selain itu ciri fisik lainnya dapat di lihat dengan ayam sabung taji yang relatif tajam.